Jalan Menuju Kebahagiaan
|
Banyak cara dilakukan
oleh kebanyakan orang untuk meraih kebahagiaan. Sebagian mereka beranggapan
bahwa kebahagiaan bisa diraih dengan banyaknya harta, kedudukan yang
terpandang, dan popularitas yang selalu meningkat dan pantang surut. Tak
heran bila manusia berlomba-lomba mendapatkan itu semua, termasuk dengan
menggunakan berbagai macam cara.
Lantas apakah bila seseorang sudah menjadi kaya raya, terpandang, dan
terkenal otomatis menjadi orang yang selalu bahagia? Ternyata tidak! Kalau
begitu, bagaimana cara meraih kebahagiaan yang benar?
Mungkin anda termasuk
satu dari sekian orang yang tengah berupaya mencari cara untuk mencapai
kebahagiaan dan ketenangan hidup. Sehingga anda sibuk membolak-balik majalah,
tabloid, dan semisalnya, atau mendatangi orang yang berpengalaman untuk
mencari kiat-kiat hidup bahagia. Mungkin kiatnya sudah anda dapatkan namun
ketika dipraktekkan, kebahagiaan dan ketenangan itu tak kunjung datang.
Sementara kebahagiaan dan ketenangan hidup merupakan salah satu kebutuhan yang
sangat penting, apalagi bila kehidupan selalu dibelit dan didera dengan
permasalahan, kesedihan dan kegundah gulanaan, akan semakin terasalah
butuhnya kebahagian, atau paling tidak ketenangan dan kelapangan hati ketika
menghadapi segala masalah.
Namun sepertinya semua orang hampir sepakat bahwa bahagia tidak sepenuhnya diperoleh dengan harta dan kekayaan karena berapa banyak orang yang hidup bergelimang harta namun mereka tidak bahagia. Terkadang malah mereka belajar tentang kebahagiaan dari orang yang tidak berpunya.
Sebenarnya
kebahagiaan hidup yang hakiki dan ketenangan hanya didapatkan dalam agama
Islam yang mulia ini. Sehingga yang dapat hidup bahagia dalam arti yang
sebenarnya hanyalah orang-orang yang berpegang teguh dengan agama ini. Ada
beberapa cara yang diajarkan agama ini untuk dapat mencapai hidup bahagia, di
antaranya disebutkan oleh Asy-Syaikh Abdurrahman bin Nashir As-Sa‘di
rahimahullah dalam kitabnya Al-Wasailul Mufidah lil Hayatis Sa‘idah:
1. Beriman dan beramal shalih. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman: مَنْ عَمِلَ صَالِحاً مِنْ ذَكَرٍ أَوْ أُنْثَى وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَلَنُحْيِيَنَّهُ حَياَةً طَيِّبَةً وَلَنَجْزِيَنَّهُمْ أَجْرَهُمْ بِأَحْسَنِ ماَ كَانُوا يَعْمَلُوْنَ “Siapa yang beramal shalih baik laki-laki ataupun perempuan dalam keadaan ia beriman, maka Kami akan memberikan kepadanya kehidupan yang baik dan Kami akan membalas mereka dengan pahala yang lebih baik daripada apa yang mereka amalkan.” (An-Nahl: 97) Al-Hafidz Ibnu Katsir rahimahullah berkata:
“Ini adalah janji
dari Allah Subhanahu wa Ta'ala kepada orang yang beramal shalih yaitu amalan
yang mengikuti Kitabullah dan Sunnah Nabi-Nya Shallallahu 'alaihi wa sallam
dan disyariatkan oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala, baik dari kalangan laki-laki
maupun perempuan dari keturunan Adam, sementara hatinya beriman kepada Allah
dan Rasul-Nya. Allah Subhanahu wa Ta'ala berjanji untuk memberikan kehidupan
yang baik baginya di dunia dan membalasnya di akhirat dengan pahala yang
lebih baik daripada amalannya. Kehidupan yang baik mencakup seluruh
kesenangan dari berbagai sisi. Diriwayatkan dari Ibnu ‘Abbas radhiallahu
'anhuma dan sekelompok ulama bahwa mereka menafsirkan kehidupan yang baik
(dalam ayat ini) dengan rezki yang halal lagi baik (halalan thayyiban),
sementara Ali bin Abi Thalib radhiallahu 'anhu menafsirkannya dengan sifat
qana’ah (merasa cukup), demikian pula yang dikatakan Ibnu ‘Abbas, ‘Ikrimah
dan Wahb bin Munabbih. Berkata ‘Ali bin Abi Thalhah dari Ibnu ‘Abbas:
“Sesunggguhnya kehidupan yang baik itu adalah kebahagiaan.” Al-Hasan,
Mujahid, dan Qatadah berkata: “Tidak ada bagi seorang pun kehidupan yang baik
kecuali di surga.” Sedangkan Adh-Dhahhak mengatakan: “Ia adalah rizki yang
halal dan ibadah di dunia serta beramal ketaatan dan lapang dada untuk taat.”
Yang benar dalam hal ini adalah kehidupan yang baik mencakup seluruh perkara
tersebut.” (Tafsir Ibnu Katsir, 4/421)
2. Banyak mengingat Allah (berdzikir) karena dengan dzikir kepada-Nya akan diperoleh kelapangan dan ketenangan, yang berarti akan hilang kegelisahan dan kegundah gulanaan. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman: أَلاَ بِذِكْرِ اللهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوْبِ
“Ketahuilah dengan
mengingat (berdzikir) kepada Allah akan tenang hati itu.” (Ar-Ra’d: 28)
3. Bersandar kepada Allah dan tawakkal pada-Nya, yakin dan percaya kepada-Nya dan bersemangat untuk meraih keutamaan-Nya. Dengan cara seperti ini seorang hamba akan memiliki kekuatan jiwa dan tidak mudah putus asa serta gundah gulana. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman: وَمَنْ يَتَوَكَّلْ عَلَى اللهِ فَهُوَ حَسْبُهُ
“Siapa yang
bertawakkal kepada Allah maka Allah akan mencukupinya.” (Ath-Thalaq: 3)
4. Berbuat baik kepada makhluk dalam bentuk ucapan maupun perbuatan dengan ikhlas kepada Allah dan mengharapkan pahala-Nya. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman: لاَ خَيْرَ فِي كَثِيْرٍ مِّنْ نَجْوَاهُمْ إِلاَّ مَنْ أَمَرَ بِصَدَقَةٍ أَوْ مَعْرُوْفٍ أَوْ إِصْلاَحٍ بَيْنَ النَّاسِ وَمَنْ يَفْعَلْ ذَلِكَ ابْتِغآءَ مَرْضَاةِ اللهِ فَسَوْفَ نُؤْتِيْهِ أَجْرًا عَظِيْماً
“Tidak ada kebaikan
dalam kebanyakan bisikan-bisikan mereka kecuali bisikan-bisikan dari orang
yang menyuruh ( manusia) untuk bersedekah atau berbuat kebaikan dan ketaatan
atau memperbaiki hubungan di antara manusia. Barangsiapa melakukan hal itu
karena mengharapkan keridhaan Allah, niscaya kelak Kami akan berikan padanya
pahala yang besar.” (An-Nisa: 114)
Asy-Syaikh
Abdurrahman bin Nashir As-Sa‘di rahimahullah berkata menafsirkan ayat di
atas:
“Yakni tidak ada kebaikan dalam kebanyakan pembicaraan di antara manusia dan tentunya jika tidak ada kebaikan maka bisa jadi yang ada adalah ucapan tak berfaedah seperti berlebih-lebihan dalam pembicaraan yang mubah atau bisa jadi kejelekan dan kemudlaratan semata-mata seperti ucapan yang diharamkan dengan seluruh jenisnya. Kemudian Allah Subhanahu wa Ta'ala mengecualikan: “Kecuali bisikan-bisikan dari orang yang menyuruh (manusia) untuk bersedekah,” dari harta ataupun ilmu (dengan mengajarkannya–pen) atau sesuatu yang bermanfaat, bahkan bisa jadi masuk pula di sini ibadah-ibadah seperti bertasbih, bertahmid, dan semisalnya sebagaimana Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: “Sesungguhnya setiap tasbih adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah dan setiap tahlil adalah sedekah. Demikian pula amar ma‘ruf merupakan sedekah, nahi mungkar adalah sedekah dan dalam kemaluan salah seorang dari kalian ada sedekah (dengan menggauli istri)….” (Taisir Al-Karimir Rahman, hal. 202) 5. Menyibukkan diri dengan mempelajari ilmu yang bermanfaat.
6. Mencurahkan
perhatian dengan apa yang sedang dihadapi disertai permintaan tolong kepada
Allah Subhanahu wa Ta'ala, tanpa banyak berangan-angan (terhadap perkara
dunia) untuk masa yang akan datang karena akan berbuah kegelisahan disebabkan
takut/ khawatir menghadapi masa depan (di dunia) dan juga tanpa terus
meratapi kegagalan dan kepahitan masa lalu karena apa yang telah berlalu
tidak mungkin dapat dikembalikan dan diraih. Rasulullah Shallallahu 'alaihi
wa sallam bersabda:
اِحْرِصْ عَلَى مَا يَنْفَعُكَ وَاسْتَعِنْ بِاللهِ وَلاَ تَعْجزْ، وَإِذَا أَصَابَكَ شَيْءٌ فَلا تَقُلْ: لَوْ أَنِّي فَعَلْتُ كَذَا كَانَ كَذَا وَكَذَا، وَلَكِنْ قُلْ: قَدَّرَ اللهُ وَمَا شَاءَ فَعَلَ، فَإِنَّ لَوْ تَفْتَحُ عَمَل الشَّيْطَانِ
“Bersemangatlah untuk
memperoleh apa yang bermanfaat bagimu dan minta tolonglah kepada Allah dan
janganlah lemah. Bila menimpamu sesuatu (dari perkara yang tidak disukai)
janganlah engkau berkata: “Seandainya aku melakukan ini niscaya akan begini
dan begitu,” akan tetapi katakanlah: “Allah telah menetapkan dan apa yang Dia
inginkan Dia akan lakukan,” karena sesungguhnya kalimat ‘seandainya’ itu
membuka amalan syaithan.” (HR. Muslim)
7. Senantiasa mengingat dan menyebut nikmat yang telah diberikan Allah Subhanahu wa Ta'ala, baik nikmat lahir maupun batin. Dengan melakukan hal ini seorang hamba terdorong untuk selalu bersyukur kepada-Nya sampaipun saat ia ditimpa sakit atau berbagai musibah lainnya. Karena bila ia membandingkan kenikmatan yang Allah Subhanahu wa Ta'ala limpahkan padanya dengan musibah yang menimpanya sungguh musibah itu terlalu kecil. Bahkan musibah itu sendiri bila dihadapi dengan sabar dan ridha merupakan kenikmatan karena dengannya dosa-dosa akan diampuni dan pahala yang besar pun menanti.
8. Selalu melihat
orang yang di bawah dari sisi kehidupan dunia misalnya dalam masalah rezki
karena dengan begitu kita tidak akan meremehkan nikmat Allah yang
diberikan-Nya kepada kita. Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:
انْظُرُوا إِلَى مَنْ هُوَ أَسْفَلَ مِنْكُمْ وَلاَ تَنْظُرُوا إِلَى مَنْ هُوَ فَوْقَكُمْ، فَإِنَّهُ أَجْدَرُ أَنْ لاَ تَزْدَرُوا نِعْمَةَ اللهِ عَلَيْكُمْ “Lihatlah orang yang di bawah kalian dan jangan melihat orang yang di atas kalian karena dengan (melihat ke bawah) lebih pantas untuk kalian tidak meremehkan nikmat Allah yang dilimpahkan-Nya kepada kalian.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)
9. Ketika melakukan
sesuatu untuk manusia, jangan mengharapkan ucapan terima kasih ataupun
balasan dari mereka namun berharaplah hanya kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala.
Sehingga engkau tidak peduli mereka mau berterima kasih atau tidak dengan apa
yang telah engkau lakukan, sebagaimana firman Allah Subhanahu wa Ta'ala
tentang ucapan hamba-hamba-Nya yang khusus:
إِنَّماَ نُطْعِمُكُمْ لِوَجْهِ اللهِ لاَ نُرِيْدُ مِنْكُمْ جَزآءً وَلاَ شُكُوْراً
“Kami memberi makan
kepada kalian hanyalah karena mengharap wajah Allah, kami tidak menginginkan
dari kalian balasan dan tidak pula ucapan terima kasih.” (Al-Insan: 9)
Demikian beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencapai ketenangan dan kebahagiaan hidup. Sebagai akhir teruntai doa kepada Rabbul ‘Izzah : اللّهُمَّ أَصْلِحْ لِي دِيْنِي الَّذِي هُوَ عِصْمَةُ أَمْرِي وَأَصْلِحْ لِي دُنْيَايَ الَّتِي فِيْهَا مَعَاشِي، وَأَصْلِحْ لِي آخِرَتِي الَّتِي إِلَيْهَا مَعَادِيْ وَاجْعَلِ الْحَيَاةَ زِيَادَةً لِي فِي كُلَِّ خَيْرٍ وَالْمَوْتَ رَاحَةً لِي مِنْ كُلِّ شَرٍّ
“Ya Allah, perbaikilah
bagiku agamaku yang agama ini merupakan penjagaan perkaraku, dan perbaikilah
bagiku duniaku yang aku hidup di dalamnya, dan perbaikilah bagiku akhiratku
yang merupakan tempat kembaliku, dan jadikanlah hidup ini sebagai tambahan
bagiku dalam seluruh kebaikan, dan jadikanlah kematian sebagai peristirahatan
bagiku dari seluruh kejelekan.” (HR. Muslim)
Wallahu ta‘ala a‘lam
bish-shawab.
|
Monday, 19 March 2018
Jalan Menuju Kebahagiaan
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
ISTRI/WANITA SHOLIHAH
ISTRI/WANITA SHOLIHAH Wanita sholihah merupakan dambaan bagi setiap pria, maka sangatlah penting bagi setiap pria yang hendak menikah...
-
PENDIDIKAN ISLAM DALAM PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA A. Pendahuluan Manusia adalah makhluk multi dimensi, satu-satunya m...
-
Kumpulan Doa Umroh Lengkap Umroh dalam pengertian secara syar’i berarti mengunjungi kota Mekkah untuk melakukan serangkaian ibadah se...
-
KONSEP WAHYU DAN KENABIAN A. PENDAHULUAN Tujuan utama dalam pembahasan konsep wahyu dan kenabian ialah membuktikan adanya sara...
No comments:
Post a Comment