Monday 15 January 2018

khutbah Jumat Barokah 2018

Barokah

إِنَّ الْحَمْدَ للهِ , نَحْمَدُهُ وَ نَسْتَعِيْنُهُ وَ نَسْتَغْفِرُهُ, وَ نَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَ مِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا , مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ , وَ مَنْ يًضِلَّ فَلاَ هَادِيَ لَهُ , وَ أَشْهَدُ أنْ لاَ إِلهَ إلاَّ اللهُ وَ حْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ , وَ أَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَ رَسُوْلُهُ , وَ صَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَ عَلَى آلِهِ وَ أَصْحَابِهِ وَ سَلَّمَ تَسْلِيْمًا كَثْيْرًا.
أَمَّا بَعْدُ : فَيآعِبَادَ اللهِ ! أُوْصِيْكُمْ وَ نَفْسِي أَوَّلاً بِتَقْوَىاللهِ تَعَالَى وَ طَاعَتِهِ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ


Para hadirin kaum muslimin yang diberkahi Allah.
Kita sebagai manusia yang hidup di kota selama hidup didunia ini kadang sering mengeluh dengan cepatnya waktu berputar, umur yang semakin pendek, harta benda yang serba kekurangan, anak-anak yang tidak berbakti atau tidak tercapainya apa yang kita cita-citakan. Padahal kita berharap mendapatkan waktu atau kesempatan yang luas , umur yang panjang  , harta benda yang cukup , anak yang berbakti , atau segala sesuatu yang dicita –citakan dengan serba lebih atau serba berkecukupan.
Lebih jauh yang kita harapkan adalah hidup dalam ketenteraman keteduhan dan serba berkecukupan, ilmu yang bermanfaat, mendapatkan rezki yang selalu berkecukupan, tidak dirisaukan dengan tagihan hutang, bisa membelanjakan harta sesuai dengan kebutuhannya, jauh dari berbelanja sesuatu yang tidak bermanfaat, mendapatkan anak-anak yang selalu berbakti kepada orang tuanya dan waktu yang luas atau dalam arti apa yang ada semuanya serba bermanfaat. Pendek kata dalam agama Islam adalah hidup yang penuh barokah.

Para hadirin kaum muslimin sidang Jum’ah yang diberi barokah oleh Allah.

Sebagai seorang muslim sudah sepantasnya yang selalu kita harapkan adalah hidup yang penuh barokah dan sebagai panutan, Rosululloh selalu berdoa kepada Allah supaya diberi barokah dalam segala hal. Pertanyaanya adalah apakah barokah itu? Dan bagaimana kita bisa mendapatkan hidup yang penuh barokah?
Marilah kita coba jawab pertanya tersebut diatas.
Barokah adalah:

ثُبُوْتُ الْخَيْرِ الإلهِي فِي الشَّيْء

Artinya : Tetapnya suatu kebaikan dari Tuhan dalam suatu perkara.
Dalam arti jika sesuatu dikatakan mempunyai barokah maka sesuatu itu akan selalu bertambah baik. Misalnya barang yang sedikit dikatakan mempunyai barokah maka barang itu akan kelihatan banyak, jika barang tersebut banyak maka akan kelihatan manfaatnya, dan barang bisa dikatakan paling barokah adalah apabila barang tersebut  bisa digunakan untuk melaksanakan ta’at kepada Allah. Dan ketika Allah menurunkan barokah pada seseorang maka semua apa yang dimilikinya akan mempunyai nilai barokah seperti hartanya, anaknya, waktunya, istrinya, ilmunya, rumahnya, akalnya, anggota badannya, tetangganya dan teman- temannya.

Para hadirin yang mulia.
Sekarang bagaimana kita mendapatkan barokah?
Yang pertama adalah: taqwa kepada Allah karena disebutkan bahwa taqwa kepada Allah adalah kunci segala kebaikan.Allah berfirman :

وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مَخْرَجًا(2)وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ وَمَنْ يَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُ
Barangsiapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan ke luar. Dan memberinya rezki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. At Tholaq 2-3

Yang kedua: perbanyaklah membaca Al Qur’an, karena Al Qur’an adalah kitab yang selalu diberkahi oleh Allah dan juga menyembuhkan segala penyakit hati dan merupakan obat penyakit badan.Allah berfirman:

كِتَابٌ أَنْزَلْنَاهُ إِلَيْكَ مُبَارَكٌ لِيَدَّبَّرُوا ءَايَاتِهِ وَلِيَتَذَكَّرَ أُولُو الْأَلْبَابِ
(29)
Yang artinya : Ini adalah sebuah kitab yang Kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah supaya mereka memperhatikan ayat-ayatnya dan supaya mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai pikiran.
Yang ketiga adalah; selalu berdoa, diantaranya Rosululloh mengajarkan kepada kita bila menjumpai orang yang baru menikah :
بَارَكَ اللهُ لَكَ , وَ بَارَكَ عَلَيْكَ , وَ جَمَعَ بَيْنَكُمَا فِي خَيْرٍ
رواه الترمذي
            Demikian juga ketika kita makan kita diajarkan untuk berdoa minta barokah.
Yang keempat adalah tidak serakah atau rakus dalam mencari harta.Karena yang namanya harta, semakin kita rakus maka semakin hauslah kita dengan harta tersebut.
Yang kelima adalah jujur dalam perdagangan baik dalam membeli atau berjualan.
Yang keenam membiasakan bekerja pada pagi hari sesuai dengan do’a  Rosululloh SAW yang tertuang dalam hadis dibawah ini:

عَنْ صَخْرِ الْغَامِدِي رَضِيَ اللهُ عَنْهُ عَنِ النَّبِيِّ أَنَّهُ قَالَ : اللهُمَّ بَارِكْ لأُمَّتِيْ فِيْ بُكُوْرِهَا رواه احمد
            Artinya : Rosululloh berdoa : Yaa Allah berilah barokah pada umatku ketika mereka berangkat bekerja pagi-pagi.
            Shokhr Al Ghomidi atau orang yang meriwayatkan hadis tersebut adalah pedagang yang selalu mengutus pembantunya untuk berangkat bekerja pada pagi hari dan hartanya melimpah sehingga sampai dia tidak mengetahui dimana hartanya diletakkan. 
Yang ketujuh adalah selalu mengikuti sunnah rosul, karena dengan mengikuti sunnah rosul semuanya serba dalam kebaikan.Diantaranya tata cara kita makan yang terdapat dalam suatu hadis:

عَنْ جَابِرٍ بْنِ عَبْدِ اللهِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ , قَالَ أَمَرَ رَسُوْلُ اللهِ بِلَعْقِ الأَصَابِعِ وَ الصَّحْفَةِ وَ قَالَ : إِنَّكُمْ لاَ تَدْرُوْنَ فِي أَيِّ طَعَامِكُمْ الْبَرَكَةُ ( رواه مسلم )

Artinya : Dari Jabir bin Abdillah r.a berkata : Rosululloh memerintahkan untuk membersihkan piring dan menjilat jari ketika kita selesai makan, Dan Rosululloh Bersabda : Kamu sekalian tidak mengetahui  dibagian makanan yang mana  terdapat barokah.

            Para hadirin sidang Jum’ah yang mulia

Yang kedelapan adalah bertawakkal kepada Allah. Allah berfirman :

وَ مَنْ يَتَوَكَّلْ عَلَى اللهِ فَهُوَ حَسْبُهُ


Artinya, “ Barang siapa bertawakkal kepada Allah maka Dialah yang akan mencukupinya”.
Yang kesembilan adalah selalu meminta petunjuk kepada Allah dengan apa yang akan dilakukan atau dengan selalu beristikhoroh.
Yang kesepuluh adalah berusaha menghindari dari ketergantungan pada orang lain atau meminta orang lain.
Yang kesebelas adalah menjauhi harta yang harom dalam bentuk apapun meskipun menggiurkan.
Kemudian selalu bersyukur atas nikmatNya, melakukan solat fardlu dan selalu beristighfar adalah diantara jalan kita agar selalu diberi barokah oleh Allah.
           
Para hadirin sidang jum’at yang mulia
           
            Demikianlah telah kita perinci apa-apa saja yang bisa membuat kita mendapatkan barokah. ٍSemoga uraian ini bisa menjadi solusi bagi kita dalam menhadapi kehidupan saat ini yang semakin mahal. Sehingga dengan kehidupan yang sederhana kita selalu merasa serba kecukupan dan tidak merasa kekurangan. Dan pada akhirnya marilah kita berdoa semoga kita bisa melaksanakan hal-hal tersebut diatas sehingga membuat hidup kita penuh barokah dan penuh makna.

بَارَكَ اللهُ لِي وَ لَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ , وَ نَفَعَنِي وَ إِيَّاكُمْ بِمَافِيْهِ مِنَ الآيَاتِ وَ الذِّكْرِ الْحَكِيْمِ, وَ تَقَبَّلَ مِنِّي وَ مِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ , وَ قُلْ رَبِّ اغْفِرْ وَ ارْحَمْ وَ أَنْتَ خَيْرٌ الرَّاحِمِيْنَ


الْخُطْبَةُ الثَّانِيَةُ لِلْجُمْعَةِ
الْحَمْدُ للهِ الْمَنْعُوْتِ بِصِفَاتِ التَّنْزِيْهِ وَ الْكَمَالِ . وَ أَشْهَدُ أَنْ لاَإِلهَ إِلاَّ اللهُ , وَ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ سَنِيُّ الْخِصَالِ . اللهُمَّ صَلِّ وَ سَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَ آلِهِ وَ صَحْبِهِ وَ التَّابِعِيْنَ , عِبَادَ اللهْ , إِتَّقُوْا اللهَ فَإِنَّكُمْ عَلَيْهِ تُعْرَضُوْنَ , وَ اعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ صَلَّى عَلَى نَبِيِّهِ فِي كِتَابِهِ الْمَكْنُوْنِ , وَ أَمَرَكُمْ بِذَالِكَ فَأَكْثِرُوْا مِنَ الصَّلاَةِ عَلَيْهِ تَكُوْنُوْا مِنَ الْفَائِزِِيْنَ . اللهُمَّ صَلِّ وَ سَلِّمْ عَلَيْهِ وَارْضَ عَنِ الأَرْبَعَةِ الْخُلَفَاء, وَ بَقِيَّةِ الْعَشْرَةِ الْكِرَامِ , وَ آلِ بَيْتِ نَبِيِّكَ الْمُصْطَفَى , وَ عَنْ الأَنْصَارِ وَ الْمُهَاجِرِيْنَ وَ التَّابِعِيْنَ إِلَى يَوْمِ الدِّيْن ,اللهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَ الْمُسْلِمَاتِ وَ الْمُؤْمِنِيْنَ وَ الْمُؤْمِنَاتِ , إِنَّكَ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدَّعَوَاتِ رَبَّ الْعَالَمِيْنَ , وَ نَسْأَلُكَ اللهُمَّ دَوَامَ الْعِنَايَةِ وَ التَأْيِيْدِ , لِحَضْرَةِ مَوْلاَنَا سُلْطَانِ الْمُسْلِمِيْنَ , الْمُؤَيَّدِ بِالنَّصْرِ وَ التَّمْكِيْنِ , اللهُمَّ انْصُرْهُ وَ انْصُرْ عَسَاكِرَهُ , وَ امْحَقْ بِسَيْفِهِ رِقَابَ الطَّائِفَةِ الْكَافِرَةِ , وَ أَيِّدْ بِشَدِيْدِ رَأْيِهِ عِصَابَةَ الْمُؤْمِنِيْنَ , وَ اجْعَلْ بِفَضْلِكَ هَذَا الْبَلَدَ آمِنًا مُطْمَئِنَّا , وَ ارْفَعِ اللهُمَّ مَقْتَكَ وَ غَضَبَكَ عَنَّا , وَ لاَ تُسَلِّطْ عَلَيْنَا بِذُنُوْبِنَا مَنْ لاَ يَخَافُكَ وَ لاَ يَرْحَمْنَا يَآ أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ , اللهُمَّ إِيَّاكَ نَسْأَلُ فَلاَ تُخَيِّبْنَا وَ إِلَيْكَ نَلْجَأُ فَلاَ تَطْرُدْنَا , وَ عَلَيْكَ نَتَوَكَّلُ فَاجْعَلْنَا لَدَيْكَ مِنَ الْمُقَرَّبِيْنَ , إِلَهِي هَذَا حَالُنَا لاَ يَخْفَى عَلَيْكَ فَعَامِلْنَا بِالْإِحْسَانِ إِذِ الْفَضْلُ مِنْكَ وَ إِلَيْكَ , وَ اخْتِمْ لَنَا بِخَاتِمَةِ السَّعَادَةِ أَجْمَعِيْنَ
عِبَادَ اللهِ , إِنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَ الإِحْسَانِ وَ إِيْتَاءِ ذِي الْقُرْبَى وَ يَنْهَى عَنِ الْفَخْشَاءِ وَ الْمُنْكَرِ وَ الْبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ


 

 



الْخُطْبَةُ الثَّانِيَةُ

الْحَمْدُ للهِ الْمَنْعُوْتِ بِصِفَاتِ التَّنْزِيْهِ وَ الْكَمَالِ . وَ أَشْهَدُ أَنْ لاَإِلهَ إِلاَّ اللهُ , وَ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ سَنِيُّ الْخِصَالِ . اللهُمَّ صَلِّ وَ سَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَ آلِهِ وَ صَحْبِهِ وَ التَّابِعِيْنَ ,
عِبَادَ اللهْ , إِتَّقُوْا اللهَ فَإِنَّكُمْ عَلَيْهِ تُعْرَضُوْنَ , وَ اعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ صَلَّى عَلَى نَبِيِّهِ فِي كِتَابِهِ الْمَكْنُوْنِ , وَ أَمَرَكُمْ بِذَالِكَ فَأَكْثِرُوْا مِنَ الصَّلاَةِ عَلَيْهِ تَكُوْنُوْا مِنَ الْفَائِزِِيْنَ . اللهُمَّ صَلِّ وَ سَلِّمْ عَلَيْهِ وَارْضَ عَنِ الأَرْبَعَةِ الْخُلَفَاء, وَ بَقِيَّةِ الْعَشْرَةِ الْكِرَامِ , وَ آلِ بَيْتِ نَبِيِّكَ الْمُصْطَفَى , وَ عَنْ الأَنْصَارِ وَ الْمُهَاجِرِيْنَ وَ التَّابِعِيْنَ إِلَى يَوْمِ الدِّيْن
اللهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَ الْمُسْلِمَاتِ وَ الْمُؤْمِنِيْنَ وَ الْمُؤْمِنَاتِ , إِنَّكَ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدَّعَوَاتِ رَبَّ الْعَالَمِيْنَ , وَ اجْعَلْ بِفَضْلِكَ هَذَا الْبَلَدَ آمِنًا مُطْمَئِنَّا , وَ ارْفَعِ اللهُمَّ مَقْتَكَ وَ غَضَبَكَ عَنَّا , وَ لاَ تُسَلِّطْ عَلَيْنَا بِذُنُوْبِنَا مَنْ لاَ يَخَافُكَ وَ لاَ يَرْحَمْنَا يَآ أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ , اللهُمَّ إِيَّاكَ نَسْأَلُ فَلاَ تُخَيِّبْنَا وَ إِلَيْكَ نَلْجَأُ فَلاَ تَطْرُدْنَا , وَ عَلَيْكَ نَتَوَكَّلُ فَاجْعَلْنَا لَدَيْكَ مِنَ الْمُقَرَّبِيْنَ , إِلَهِي هَذَا حَالُنَا لاَ يَخْفَى عَلَيْكَ فَعَامِلْنَا بِالْإِحْسَانِ إِذِ الْفَضْلُ مِنْكَ وَ إِلَيْكَ , وَ اخْتِمْ لَنَا بِخَاتِمَةِ السَّعَادَةِ أَجْمَعِيْنَ .
عِبَادَ اللهِ , إِنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَ الإِحْسَانِ وَ إِيْتَاءِ ذِي الْقُرْبَى وَ يَنْهَى عَنِ الْفَخْشَاءِ وَ الْمُنْكَرِ وَ الْبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ

No comments:

Post a Comment

ISTRI/WANITA SHOLIHAH

ISTRI/WANITA SHOLIHAH Wanita sholihah merupakan dambaan bagi setiap pria, maka sangatlah penting bagi setiap  pria yang hendak menikah...